Menko Marves Jamin Tanah Food Estate Hak Milik Masyarakat

areal pengembangan food estate adalah hak milik masyarakat

topmetro.news – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjamin tanah di areal pengembangan food estate adalah hak milik masyarakat. Luhut menyampaikan hal ini ketika melakukan kunjungan kerja ke food estate dan Taman Sains dan Teknologi Herbal Hortikultura Center (TSTH2C) di Kecamatan Pollung.

Ia hadir bersama Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong PhD, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, dan beberapa deputi dan dirjen kementerian.

Rombongan disambut oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE , Wakil Bupati Oloan Paniaran Nababan SH MH, Forkopimda Humbahas, Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH, Dandim 0210/TU Letkol Rony Agus Widodo, Kajari Martinus Hasibuan SH MH, sejumlah pimpinan OPD Pemkab Humbahas, dan off taker serta para petani di areal food estate desa Riaria.

Turut hadir, Rektor IT Del Prof Togar Simatupang, Dr Ir Prastowo MEng dari IPB, dan Ketua LPPM ITB Ir R Sugeng Joko Sarwono MT PhD.

Luhut Pandjaitan dalam sambutannya menyampaikan senang datang ke Humbang Hasundutan, di mana sudah dua tahun pengembangan food estate. “Saya melihat sudah berjalan, di mana yang menata adalah ahli-ahlinya yang tergabung dalam ‘tim work’. Masing-masing ahli akan bekerja sesuai tugas dan fungsinya. Semua itu adalah untuk mensejahterakan rakyat dan itu perintah Presiden RI ke kami. Pemerintah memberikan yang terbaik untuk rakyat,” katanya.

Tadi sudah kita dengar Koordinator Lapangan Van Basten Pandjaitan menyampaikan, bahwa hitung-hitungan per hektar hasilnya sudah cukup baik. Kalau dengan teknologi irigasi tetes dan pengolahan yang tepat maka hasilnya bisa lebih meningkat lagi. ‘jangan sampai hilang kesempatan ini untuk membuat masa depan keluargamu’ ujar Menko Marves.

Lahan Masyarakat

Menko Marves juga menyampaikan bahwa lahan yang dikelola masyarakat ini punya sertifikat, dimana bisa diturunkan kepada anak cuku nantinya. ‘Sertifikat itu adalah milikmu, tidak bisa dimain-mainkan kemana itu. Saya jamin, bahwa itu adalah milikmu’ tegas Pak Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada kesempatan itu juga , Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Harus berdisiplin memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan. Kemudian melakukan vaksin dan kalau sakit jangan tahankan di rumah. Tetapi laporkan dan pergi ke isolasi terpusat.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Presiden RI Joko Widodo, Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan semua pihak yang memberikan perhatian untuk Humbang Hasundutan. Terutama dalam pengembangan food estate di sana.

“Terimakasih juga kepada pemerintah pusat, Menko Marves yang memberikan perhatian secara khusus ke Kabupaten Humbang Hasundutan terkait vaksin Covid-19. Kami laporkan, Humbang Hasundutan memperoleh vaksin dari Kementerian Kesehatan RI sampai saat ini 120.000 lebih. Kalau bukan karena Bapak Menko Marves memberikan atensi ke kami Pak, masih jauh kami dari kesetaraan vaksin. Mudah-mudahan kami semua sehat Pak,” ujar Bupati Humbahas.

Bupati Humbahas menambahkan, bahwa ke depan akan lebih konsen lagi dan berkoordinasi dengan Kementerian terkait dan Gubernur Sumut dalam percepatan pengembangan food estate.

Keberhasilan pegembangan hortikultura juga karena dukungan alam dan iklim yang baik, curah hujannya tinggi. Serta para petaninya pekerja keras, di mana mereka sangat berkeinginan untuk maju.

Sebelumnya Menko Marves bersama rombongan menerima laporan dan penjelasan tentang pengembangan food estate di Humbahas oleh Dosmar Banjarnahor SE, Koordinator Lapangan Van Basten Pandjaitan, dan tim work.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment